Tahun 2013 SNMPTN Jalur Tulis Dihapus

| December 11, 2012 | 0 Comments

Kabar SNMPTN 2013 jalur tulis dihapus akhirnya benar juga adanya. Kabar terkait jalur tulis yang bakal dihapus dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebenarnya sudah santer terdengar beberapa bulan sebelumnya. Akan tetapi belum ada kepastian terkait hal itu.

SNMPTN JALUR TULIS DIHAPUS

Harian Jawa Pos tertanggal 11/12/2012 memuat tulisan yang membuat panik para calon mahasiswa bahwasanya SNMPTN Jalur Tulis dihapus setelah beberapa tahun sebelumnya dijadikan bagian dari seleksi masuk PTN.

Dari harian ini pula didapatkan kepastian bahwa SNMPTN 2013 tidak ada lagi jalur ujian tulis dan hanya menerima melalui jalur undangan dengan kuota 150 ribu orang. Kuota tersebut adalah 50% dari total pagu calon mahasiswa baru yang diterima di seluruh PTN di Indonesia. Untuk selanjutnya, seleksi masuk ini hanya dinamai dengan SNMPTN 2013.

Berdasarkan Dirjen Kemendikbud bahwasanya jalur masuk PTN ada 3 pintu, yaitu: SNMPTN UNDANGAN dengan kuota 50%, UJIAN MANDIRI BERSAMA dengan 61 PTN se-indonesia dengan kuota 30%, dan terakhir dari UJIAN MANDIRI LOKAL masing-masing kampus sebesar 20%.

REVISI QUOTA dan SNMPTN JALUR TULIS

Sayangnya pers release Kemendikbud tersebut kemudian direvisi oleh pihak berwenang melalui akun twitter Kemendikbud yang menyatakan antara lain:

  1. Quota SNMPTN Jalur Undangan dinaikkan menjadi 60% dan bukan 50%
  2. Sisa quota 40% melalui seleksi. Artinya jalur tulis tetap ada dan diserahkan ke masing-masing PTN melalui jalur mandiri
  3. Seluruh peserta SNMPTN 2013 jalur undangan digratiskan biayanya (baik yang bidik misi maupun yang non-bidikmisi) dan ditanggung oleh Kemendikbud

Jadi, kepanikan calon mahasiswa yang pagi hari sempat membuat heboh social media mulai berangsur-angsur surut seiring klarifikasi dari Kemendikbud melalui akun resminya.

Meski demikian, masih ada ganjalan bahwasanya revisi tersebut masih menyisakan tanda tanya, kuota 40% tersebut menjadi otoritas penuh masing-masing PTN melalui jalur mandiri/kemitraan atau otoritas bersama 61 PTN seluruh Indonesia.

Tampaknya masih akan ada lagi revisi-revisi lain, penjelasan-penjelasan lain terkait pelaksanaan SNMPTN 2013.

Kita tunggu saja.

Tags: ,

Category: Pendidikan

About the Author ()

Gempur Media - Blogger Surabaya - Blogger Nusantara Blogger yang lahir dan tumbuh besar bersama para Pencinta TI SMAN 11 Surabaya dan memiliki kisah panjang bersamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *